• Calender

    December 2010
    M T W T F S S
        Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

Ponorogo,Jawa Timur-INDONESIA

Posted by romd0n1 on December 22, 2010

Survei dilakukan guna mengetahui kondisi wilayah penelitian secara umum serta digunakan untuk updating data sekunder yang ada. Survei umum ini dilakukan untuk mendukung hasil Penyelidikan Umum dan Penyelidikan Detil yang telah dilakukan. Survei dilakukan dengan penjelajahan medan, pengamatan aspek sosekbud, pengamatan aksesbilitas dan sarana (jalan, jembatan, listrik, air, sumberdaya manusia) serta pengambilan sampel batuan / tanah.

Pemetaan Geologi Lembar Ponorogo, Skala: 1:100.000, oleh : Sampurno dan H. Samodra, 1997, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (P3G) Indonesia. Berdasarkan hasil pemetaan geologi tersebut diketahui terjadinya mineralisasi logam tembaga dan bijih sulfida pada urat-urat kuarsa yang memotong batuan Oligo – Miosen. Setempat, urat kuarsa pada breksi gunungapi mengandung emas dan perak (dalam jumlah sedikit).

Secara fisiografi, daerah penelitian termasuk ke dalam rangkaian Pegunungan Selatan yang membujur ke arah barat dan timur sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Di bagian utara merupakan dataran rendah yang dikenal sebagai Lajur Solo (Bemmelen, 1949).

Secara geomorfologi daerah penelitian termasuk ke dalam Satuan geomorfologi bentukan asal vulkanik terdenudasi dan Satuan geomorfologi bentukan asal vulkanik terstrukturkan (Tim Geologi Kuarter, Pulitbang Geologi, 2003). Morfologinya berupa perbukitan agak terjal sampai terjal dengan ketinggian berkisar antara 350 sampai 850 m di atas permukaan laut.

Intrusi diorit yang terjadi pada Miosen Akhir pada Formasi Watupatok dan Formasi Jaten mengakibatkan terjadinya alterasi pada batuannya dan pada beberapa tempat terjadi proses mineralisasi. Pengaruh larutan hidrothermal akibat intrusi magma tipe diorit ini mengakibatkan batuan lava didaerah ini dan sekitarnya mengalami alterasi tipe argilitisasi dan propilitisasi disertai dengan pembentukan mineral logam ekonomis. Beberapa jenis logam yang terbetuk oleh proses ini adalah logam tembaga (Cu) (dalam bentuk mineralisasi chalcopyrite, malacite dan azurite), logam besi (Fe) (dalam bentuk oksida besi dan mineralisasi pirit), logam timah hitam (Pb) (dalam bentuk galena), dan kemungkinan berasosiasi dengan logam emas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: